Kenikmatan Kopi dari Kota 'Serambi Mekah'

Kopi Aceh Gayo berasal dari wilayah Aceh di ujung barat Pulau Sumatra, Indonesia, yang memiliki kondisi geografis dan iklim ideal untuk kopi berkualitas tinggi, ketinggian pegunungan, tanah vulkanis yang kaya, serta praktik pertanian berkelanjutan menciptakan lingkungan yang sempurna untuk tanaman kopi. hasilnya adalah kopi dengan cita rasa yang kaya, dengan naunsa buah-buahan, bunga, dan cokelat yang mendalam.

Kopi Aceh Gayo bisa diartikan adalah tanaman kopi yang dirawat oleh para masyarakat suku Gayo di dataran tinggi bukit barisan sekitar 1400-1500mdpl yang umumnya berasal dari Aceh Tengah. Kopi Gayo sudah mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tahun 27 Mei 2010. Selain itu, kopi Gayo juga menerima sertifikat IG, yaitu Indikasi Geografis yang diserahkan oleh Kemenkumham RI.

Kopi Gayo merupakan jenis kopi organik. Para petani kopi juga menanam kopinya dengan mengikuti sistem pertanian organik yang memerhatikan berbagai aspek. Maka dari itu, kopi Gayo punya keunggulan yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan varietas kopi yang lainnya. Bahkan, kopi Gayo menjadi komoditi yang laris di pasaran internasional.